Pengaruh Personal Selling dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk di IKM BMS Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.54923/researchreview.v2i2.41Keywords:
personal selling, sales promotion, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar personal selling dan sales promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IKM BMS. Penelitian ini dilaksanakan di IKM BMS di Kelurahan Bulotadaa Barat, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo pada bulan Maret hingga April 2022. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan, personal selling dan sales promotion berpengaruh secara positif dan signifikn terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk IKM BMS. Secara parsial, variabel personal selling berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian variabel sales promotion berpengaruh secara positif juga dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk IKM BMS. Variabel personal selling merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk IKM BMS. Hal tersebut karena kemampuan tenaga penjual dalam memberikan informasi dan persuasi kepada konsumen serta pemberian insentif dengan berbagai macam pilihan alat seperti discount dan cashback sangatlah mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.