Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Masyarakat

Authors

  • Wikta Tamu Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Agil Bahsoan Universitas Negeri Gorontalo
  • Radia Hafid Universitas Negeri Gorontalo
  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

faktor-faktor, pola konsumsi, masyarakat desa

Abstract

Permasalahan awal dari pola konsumsi yakni tingginya nilai jual barang dan jasa, banyaknya jumlah anggota dalam keluarga, banyaknya pendidikan yang hanya sampai bangku sekolah dasar serta tidak adanya tabungan untuk persiapan dimasa depan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pola konsumsi masyarakat desa Bongo Nol dan fator-faktor apa yang mempengaruhi pola konsumsi, tujuan penelitian ini mengetahui pola konsumsi masyarakat desa Bongo Nol dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pola konsumsi masyarakat di desa Bongo Nol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi masyarakat di Desa Bongo Nol Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo yakni pendapatan, jumlah tanggungan, pendidikan dan tabungan. Hal ini berdasarkan kondisi yang ada dilapangan bahwa keempat kriteria tersebut menjadi faktor penting dalam mempengaruhi pola konsumsi masyarakat yang ada di Desa Bongo Nol Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo.

References

Anwar, K. (2008). Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Bireuen Aceh. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh-Lhokseumawe.

Badan Pusat Statistik. (2007). Indikator Ekonomi. BPS.

Boediono. (2005). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No.4: Teori Pertumbuhan Ekonomi. BPFE Yogyakarta.

Donny. (2005). Fenomenologi dan Hermeneutika: Sebuah Perbandingan. Kalamenau.

Dumairy. (2004). Perekonomian Indonesia. Jakarta Press.

Efferin, S., dkk. (2008). Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkap Fenomena dengan pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu

Hasbiansyah. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian Dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Jurnal MediaTor, 9(1).

Lipsey, G. R., Peter, O. S., & Douglas D. P. (2012). Pengantar Mikroekonomi. Erlangga.

Moeryadi, D. (2009). Pemikiran Fenomenologi menurut Edmund Husserl. Jurnal Sosiologi, 3(7).

Moleong, L. (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A. (2004). Perilaku Konsumen. Studia Press.

Partadireja. (2001). Pengantar Ekonomi. BPFE.

Rahardja, P., & Manurung, M. (2001). Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukirno, S. (2012). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada.

Suryana. (2001). Kewirausahaan. Salemba Empat.

Waluyo. (2007). Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi, dan Implementasi) dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. Mandarmaju.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Tamu, W., Mahmud, M., Bahsoan, A., Hafid, R., & Sudirman. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Masyarakat. Research Review, 1(2), 145–165. Retrieved from https://eresearchjournal.transbahasa.co.id/index.php/er/article/view/23