Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di Kelas VIII

Authors

  • Rian Abdul Tanib Universitas Negeri Gorontalo
  • Ardiansyah Ardiansyah Universitas Negeri Gorontalo
  • Irina Popoi Universitas Negeri Gorontalo
  • Meyko Panigoro Universitas Negeri Gorontalo
  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Problem Based Learning, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based     Learing Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Surve. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 Siswa dan sampel yang di gunakan dalam penelitian sebanyak 60 Siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Besaran pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Laearning Terpadap Motivasi Belajar Siswa 63,2% sedangkan sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Arends 1997. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No.10 Tahun ke-7 (2008) 11-21.

Duch, B,.J et al. (2001). The power of problem-based learning. Sterling: Stylus Publishing

Hamalik,Oemar.2003. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan system,Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hidayati. (2002). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Puskur. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Sadirman, A.M.2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sa’dun Akbar dan Hadi Sriwiyana.2010. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial.Yogyakarta: Cipta Media, 2010

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana..

Sugiyono.2012. Teknik dan metode Penelitian.Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Tanib, R. A., Ardiansyah, A., Popoi, I., Panigoro, M., & Sudirman. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di Kelas VIII. Research Review, 1(2), 181–196. Retrieved from https://eresearchjournal.transbahasa.co.id/index.php/er/article/view/22