Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPS Terpadu

Authors

  • Miyanti Dali Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Rosman Ilato Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Roy Hasiru Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Radia Hafid Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdulrahim Maruae Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.54923/researchreview.v1i2.22

Keywords:

Kompetensi pedagogik, guru, prestasi belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Pendekatan dan Metode penelitian kuantitatif dengan besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara,kuesioner dan dokumentasi, serta di analisis menggunakan  teknik analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Persamaan regresi linier sederhana diproleh bahwa Ŷ = 1.612 + 0,976x, menunjukkan bahwa Konstanta sebesar 1.612 menyatakan bahwa nilai konstanta 1.612  akan menunjukkan nilai kompetensi pedagogik guru (X) sebesar 1.612 dengan nilai prestasi belajar siswa (Y). Selanjutnya, koefisien regresi variabel kompetensi pedagogik guru (X) sebesar 0,976, yang nilainya postitif artinya jika kompetensi pedagogik guru mengalami kenaikan atau penambahan 1 (satu) nilai yang berasal dari kompetensi pedagogik guru, maka prestasi belajar siswa (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,976, dengan asumsi variabel lainnya kosntan. Kompetensi pedagogik guru mampu memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 45,7% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Artinya, variabel kompetensi pedagogik guru memiliki proporsi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 45,7% sedangkan sisanya sebesar 54,3 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2022-10-20