Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di Kelas VIII

Authors

  • Rian Abdul Tanib Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Ardiansyah Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Irina Popoi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Meyko Panigoro Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Sudirman Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.54923/researchreview.v1i2.20

Keywords:

Problem Based Learning, Motivasi Siswa, IPS Terpadu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learing Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Surve. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 Siswa dan sampel yang di gunakan dalam penelitian sebanyak 60 Siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Besaran pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Laearning Terhadap Motivasi Belajar Siswa 63,2% sedangkan sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2022-09-22