Pengaruh Komunikasi Guru terhadap Perilaku Belajar Siswa

Authors

  • Marlin S. Helidu Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Heldy Vanni Alam Pasca Sarjana Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Agil Bahsoan Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Rosman Ilato Pasca Sarjana Administrasi Publik, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Ardiansyah Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.54923/researchreview.v1i2.19

Keywords:

Komunikasi Guru, Perilaku Belajar, Siswa SMP

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Guru Terhadap Perilaku Belajar Siswa SMP Negeri 6 Satap Tibawa
Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner pada Siswa SMP Negeri 6 Satap Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 51 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai regresi dan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh positif komunikasi guru terhadap perilaku belajar siswa SMP Negeri 6 Satap Tibawa Kabupaten Gorontalo. Besaran pengaruh Komunikasi Guru Terhadap Perilaku Belajar Siswa 24,9% sedangkan sisanya sebesar 75,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2022-09-15