Pengaruh Pelayanan Administrasi Kantor Kelurahan terhadap Kepuasan Masyarakat

Authors

  • Karmila Yakub Universitas Negeri Gorontalo
  • Irwan Yantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Agil Bahsoan Universitas Negeri Gorontalo
  • Rosman Ilato Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmud Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Pelayanan Administrasi, Kantor, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelayanan administrasi berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan administrasi kantor terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kusioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo sebanyak 1309 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 orang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kantor berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan R square sebesar 0,648 yang berarti bahwa sebesar 64.8% variabilitas mengenai kepuasan masyarakat di kantor Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo dapat diterangkan oleh pelayanan administrasi, sedangkan sisanya sebesar 35.2% dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Al Qohirie, M. I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepercayaan Masyarakat Melalui Kepuasan Masyarakat Pada Pengadilan Negeri Medan. Universitas Sumatera Utara.

Batubara, A. W. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Word Of Mouth Mahasiswa Program Studi Diploma Iii Administrasi Perpajakan Fisip Usu.Universitas Sumatera Utara

Friyanti, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara Kantor Camat Besitang Terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Besitang.Universitas Sumatera Utara

Hayani. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Mangasa Kota Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar

Lubis, S. Z. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Terhadap Kepuasan Pelayanan Mahasiswa/I Program Studi Manajemen Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara

Pratiwi, Y. G. E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Sebagai Pasien Di Puskesmas Sering Kecamatan Medan Tembung. Universitas Sumatera Utara

Simarmata, P. P., Doris Y. S., & Hengki M. P. (2020). Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dolok Batu Nanggar Di Kabupaten Simalungun. Jurnal EK&BI, 3(1), 241

Sonani, N., & Yulia I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan. Jurnal Visionida, 7(1), 15

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D. Alfabeta

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Yakub, K., Yantu, I., Bahsoan, A., Ilato, R., & Mahmud, M. (2022). Pengaruh Pelayanan Administrasi Kantor Kelurahan terhadap Kepuasan Masyarakat. Research Review, 1(2), 121–136. Retrieved from https://eresearchjournal.transbahasa.co.id/index.php/er/article/view/18