Pengaruh Pelayanan Administrasi Kantor Kelurahan terhadap Kepuasan Masyarakat

Authors

  • Karmila Yakub Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Irwan Yantu Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Agil Bahsoan Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Rosman Ilato Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmud Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.54923/researchreview.v1i2.16

Keywords:

Pelayanan Administrasi, Kantor, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelayanan administrasi berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan administrasi kantor terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kusioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo sebanyak 1309 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 orang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kantor berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan R square sebesar 0,648 yang berarti bahwa sebesar 64.8% variabilitas mengenai kepuasan masyarakat di kantor Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo dapat diterangkan oleh pelayanan administrasi, sedangkan sisanya sebesar 35.2% dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Published

2022-08-29